cover
Contact Name
Khaeroni
Contact Email
khaeroni@uinbanten.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
gut.windarsih@uinbanten.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar
ISSN : 20861362     EISSN : 26232685     DOI : -
Core Subject : Education,
ISSN: 2086-1362 diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, berdasarkan SK. Dekan No.: In.10/F.I/HK.00.5/0951/2014 tanggal 11 April 2014.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 1 (2021): Juni 2021" : 7 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA MATERI UNSUR-UNSUR BANGUN DATAR Misna Riyanti; Nida Jarmita
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 13 No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/primary.v13i1.4698

Abstract

Media animasi pembelajaran merupakan suatu media yang berisi kumpulan gambar yang dibuat sedemikian rupa sehingga menghasilkan gerakan dan dilengkapi dengan audio yang menarik serta mengandung nilai-nilai pembelajaran. Namun, masih banyak pendidik yang belum menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran dikarenakan minimnya pengetahuan terkait teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menilai kelayakan media animasi pembelajaran pada materi unsur-unsur bangun datar dengan menggunakan sebuah aplikasi bernama Powtoon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi. Hasil validasi media oleh dosen PGMI memperoleh persentase 86,6% dengan kategori sangat layak dan hasil validasi media oleh guru kelas memperoleh persentase 91,1% dengan kategori “sangat layak”. Media animasi pembelajaran unsur-unsur bangun datar berbasis Powtoon dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media animasi pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.
STUDI DESKRIPTIF KESULITAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR MATERI MENULIS PUISI Nurul Ulfah; Oman Farhurohman; Sabri Sabri
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 13 No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/primary.v13i1.4730

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya guru yang mengalami kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi di SD Negeri Benoa Kabupaten Serang. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan model survey. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, data primer berupa kuesioner atau angket tertutup dan wawancara terbuka. Yang menjadi responden adalah guru kelas 4 dan guru kelas 5 yang berjumlah 4 orang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata 62,5% masuk pada kriteria setengahnya, artinya setengah dari responden mengalami kesulitan dalam memilih metode pembelajaran yang tepat untuk materi menulis puisi, diperoleh nilai rata-rata 62,5% masuk pada kriteria setengahnya, artinya setengah dari responden mengalami kesulitan menggunakan media pembelajaran ketika pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi, selanjutnya yang menjadi kesulitan adalah guru tidak pernah menulis puisi untuk dijadikan bahan ajar yang memiliki nilai rata-rata 56,25%, masuk pada kriteria setengahnya artinya setengah dari responden tidak pernah menulis puisi untuk dijadikan bahan ajar.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA KARTU TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH Triwidya Ningsih
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 13 No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/primary.v13i1.4719

Abstract

Pada penelitian ini peneliti membahas tentang rendahnya hasil dari belajarnya anak kelas IV pada materi alat indera di MI. Permasalahan yang dikaji terkait dengan seberapa otoritas model Snowball Throwing terhadap hasil pencapaian belajar anak didik, kemudian otoritas dari pencapaian hasil dari belajar anak diawal dan diakhir menggunkan model snowball throwing, serta adanya pengaruh model snowball throwing pada pencapaian hasil belajar anak di kelas IV MI. Jumlah populasi berjumlah 19 orang siswa, diambil dari semua kelas IV dan seluruh jumlah siswa dijadikan sampel pada penelitian. Teknik pengumpulan data yang di ambil yakni dokumntasi, observasi, wawancara dan tes. Menggunakan jenis eksperimen design melalui pendekatan kuantitatif. Dari hasil peneltian menunjukan bahwa sebelum menerapkan model pembelajaran snowball throwing hasil belajar rata-rata mendapat skor 35, sedangkan yang sesudah menerapkan model snowball throwing mengalami kenaikan hasil belajar pada skor rata-rata 76. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sesudah mengaplikasikan model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa. karena to≥tt =0,01<699>0,052. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajran snowball throwing ini dapat meningkatkan hasil belajar khusunya pada mata pelajaran IPA.
IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MIS CIWARU KOTA SERANG Mastoah, Imas; Yufiarti, Yufiarti; Supena, Asep
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 13 No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/primary.v13i1.4718

Abstract

Sejak Indonesia dilanda wabah Covid-19, pemerintah memberlakukan adanya program belajar di rumah dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan teori belajar humanistik dalam melihat perkembangan pembelajaran bagi pelajar yang sedang melaksanakan pembelajaran jarak jauh di MIS Ciwaru kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan tahapan yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, gambar bukan angka, yang mana data diperoleh dari narasumber atau obyek penelitian dan perilaku yang diamati dilapangan. Pembelajaran dan belajar merupakan dua kata yang ada di dalam dunia pendidikan. Belajar bertujuan untuk memperoleh pengetahuan, tingkah laku, keterampilan, dan juga kebebasan. Belajar memiliki empat teori, salah satunya yaitu teori belajar humanistik. Konsep dari teori ini yaitu memanusiakan manusia. Konsep teori ini perlu di terapkan di MIS Ciwaru kota serang, dikarenakan untuk meningkatkan semangat belajar siswa di masa pandemi. Sejak Indonesia dilanda wabah Covid-19, pemerintah memberlakukan adanya program belajar di rumah dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan teori belajar humanistik dalam melihat perkembangan pembelajaran bagi pelajar yang sedang melaksanakan pembelajaran jarak jauh di MIS Ciwaru kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan tahapan yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, gambar bukan angka, yang mana data diperoleh dari narasumber atau obyek penelitian dan perilaku yang diamati dilapangan. Pembelajaran dan belajar merupakan dua kata yang ada di dalam dunia pendidikan. Belajar bertujuan untuk memperoleh pengetahuan, tingkah laku, keterampilan, dan juga kebebasan. Belajar memiliki empat teori, salah satunya yaitu teori belajar humanistik. Konsep dari teori ini yaitu memanusiakan manusia. Konsep teori ini perlu di terapkan di MIS Ciwaru kota serang, dikarenakan untuk meningkatkan semangat belajar siswa di masa pandemi.
GAYA BELAJAR SISWA KELAS III A DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 3 BANTUL YOGYAKARTA Wuriyani Wuriyani; Samsudin Samsudin; Muhammad Asrofi; Ahmad Shofiyuddin Ichsan
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 13 No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/primary.v13i1.3769

Abstract

Abstract. The purpose of this study is to determine student learning styles, teacher strategies in teaching based on student learning styles, and the implications of student learning styles in Thematic learning in class III A MIN 3 Bantul Yogyakarta. The research is conducted using qualitative methods, with the type of field research, data collection techniques are carried out by observation, documentation and interviews. While the data analysis used Sugiyono's Circular model, namely the descriptive stage, the reduction stage and the selection stage. The results of the data analysis are: 1) There are six types of learning styles in class III MIN 3 Bantul, namely verbal, aural, kinesthetic, visual, logical, and social learning styles. Of the six student learning styles, the dominant frequency of student learning styles in this class is the kinesthetic learning style. 2) There are several specific strategies from the teacher in teaching based on students’ learning styles of class III A by adjusting their classes. 3). There are two implications of student learning styles in class III A MIN Bantul Yogyakarta in Thematic learning, namely using mental science in the application of student learning styles and the importance of knowing student learning styles.
VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN UNTUK MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SD Wida Rachmiati; Mansur Mansur
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 13 No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/primary.v13i1.4711

Abstract

Adanya fenomena dikotomi antara mata pelajaran umum khususnya matematika dengan agama merupakan pemicu untuk dilakukanya penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development model ADDIE. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar angket, tes dan lembar self assesment. Tahapan pengembangan terdiri dari kegiatan: Survey lapangan, studi pustaka, analisis masalah, potensi dan penetapan strategi proyek (Analysis), mengidentifikasi konsep-konsep matematika sekolah dasar yang mungkin diintegrasikan dengan unsur agama Islam, menetapkan jenis aplikasi pembuat video, membuat flowchart dan storyboard untuk tampilan video, dan membuat produk awal video (Design), melakukan validasi produk awal dan merevisinya (Development), mengimplementasikan video pada siswa secara daring (Implementation), dan mengevaluasi apakah media video dapat mengembangkan pemahaman dan karakter religius siswa (Evaluation). Video dibuat memanfaatkan alpikasi pembuat video Powtoon dan Filmora berkaitan dengan konsep pecahan untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah materi pecahan sederhana, pecahan senilai. Hasil veladisi ahli media dan ahli media menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dibuat berkatagori baik atau layak dimanfaatkan untuk mengembangkan pemahaman matematis dan karakter religius siswa. Secara empiris, rata-rata n-gain hasil pre test dan post test adalah 0,55 yang termasuk kategori sedang dan hasil self assessment setelah siswa menyaksikan video pembelajaran menunjukkan video dapat mengembangkan karakter religius siswa. Kata kunci: video pembelajaran, pemahaman matematis, karakter religius, siswa SD
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN B-RUANG BERBASIS ANDROID PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD Muhammad Iqbal; Indhira Asih Vivi Yandari; Aan Subhan Pamungkas
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 13 No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/primary.v5i1.4687

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan dari hasil analisis yang ditelah dilakukan. Peserta didik memiliki minat yang rendah pada mata pelajaran matematika, karena guru selaku pendidik hanya mengandalkan sumber belajar yaitu buku untuk menyampaikan materi sehingga peserta didik merasa kesulitan untuk memahami konsep yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan media pembelajaran B-Ruang dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika khusunya materi bangun ruang di kelas V SDN Kedawung. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) oleh Sugiyono yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Angket dan dokumentasi digunakan sebagai cara untuk mengumpulkan data. Angket terdiri dari empat angket: ahli media, ahli materi, angket praktisi lapangan, dan angket respon peserta didik. Kesimpulan yang diperoleh adalah media pembelajaran B-Ruang mampu meningkatkan minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran matematika khusunya pada materi bangun ruang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan skor persentase sebesar 88,89% pada kategori “Sangat Baik” berdasarkan interpretasi Ridwan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7